Q&A Cara Menurunkan Berat Badan

tahun 2017 saya sempat mencoba untuk menurunkan berat badan.
karena masih awam dan percaya aja sama yg orang katakan akhirnya saya diet GM.
alhasil badan saya kembali ke berat badan semula, bahkan lebih naik.
bisa mencapai 57kg :(
akhirnya saya memutuskan untuk mengurangi berat badan (lagi) ditahun ini.
setelah browsing sana sini, mungkin dapat sedikit pencerahan tentang diet.
sebenarnya sesederhana mengurangi kalori yg masuk ke tubuh, mengatur pola makan, dan clean food.

tapi kadang enggak segampang itu karena mungkin banyak banget godaannya.
apalagi minggu - minggu awal, rasanya merindukan nasi :(
ini jalan 2 bulan saya melakukannya, saya rangkum menjadi Q&A ya, biar lebih mudah menjelaskankan, selain itu juga emang banyak yg tanya ini ke saya hehe.

Q : kak, sudah turun brp kg ?
A : masih turun 2kg aja dalam 1 bulan ini, skrg proses penurunan lagi, karena belum sesuai target 😁

Q : gampang ya nuruninnya ?
A : enggaaaaaakk dong. awalnya susah banget, karena udah kebiasaan makan tiap laper, ngemil tiap pengen, tetep makan meskipun kenyang. tapi setelah 2 minggu sudah terbiasa kok.

Q : berarti susah dong ?
A : lumayaaan, haha. susahnya itu karena saya termasuk yg ‘picky’ sama makanan. gak mau ini, gak mau itu, gak suka kalo gak enak, gak suka kalo gak berasa. macem macem. contohnya : saya gak suka sama nasi merah soalnya ‘pero’ kalo kata org jawa, alias beras banget. terus enggak suka kalo susu kedelainya masih berasa ‘ngeres’, alias saringannya kurang bersih. enggak suka brokoli, enggak terlalu suka wortel, enggak suka tomat, enggak suka kentang rebus dan masih banyak lainnya. cerewet banget kan yaaaa, hehe saranku kenali diri sendiri dulu aja, semuanya gak sama kok. pelan-pelan by proses.


Q : caranya gimana sih kak ?
A : cara paling awal menghitung kebutuhan kalori harian. ini bisa kalian search di google 'calori calculator', terus makannya dikurangi porsi dari kalori harian, karena pada prinsipnya jumlah kalori yg masuk harus lebih kecil dari kalori yg keluar. kebetulan kebutuhan kaloriku 1200 kal/hari, jadi kalo pengen nurunin berat badan aku harus makan dibawah itu. biasanya aku kontrol makanan aku lewat aplikasi ‘fat secret’, udah brp banyak kalori yg aku makan, brp jumlah karbonya, brp jumlah proteinnya, dsb.
kalau masih belum bisa lepas dari nasi, bisa dikurangi dengan menghitung kebutuhan karbohidrat setiap harinya, dari jumlah kebutuhan kalori dikali 50% lalu dibagi 4. kalo aku jatuhnya 160 g karbohidat dalam 1 hari.
dan yg terakhir, olah raga. biasanya aku pake tutorial yg ada di youtube, 30-60 menit sehari, kalopun udah capek banget biasanya sekedar olahraga diaplikasi ‘30 days ab’, setidaknya gerak lah ya. hehe
minum air putih yg banyak, 2-3 liter sehari, karena membakar lemak butuh air.
dan sebaiknya menggunakan produk yg lebih sehat, mengganti gula menjadi gula rendah kalori, menganti garam dengan garam diet, mengganti minyak goreng menjadi olive oil, dan mengganti nasi dengan beras merah/oats meals.



Q : dijaga banget berarti ya makannya ?
A : enggak jugaaa sih, hehe. dalam hampir 2 bulan ini saya masih makan ice cream kok, burger 1-2x, masih makan gorengan juga. masih makan nasi putih tapi jarang banget, sebulan ini paling 1 minggu 1x aku makan nasi putih, itupun paling 3-6 sendok. selebihnya, paling buah, sayur, daging, salad.

Q : apanya sih kak saaa yg mau dikurusin, badan udah kecil gitu ? (pertanyaan paling sering)
A : kelihatan dari luar, aslinyaaaa gemuk banget. se paus terdampar kalo lagi tidur 😂
hahaha becanda, sebenernya enggak gemuk banget, cuma sudah lumayan gampang capek dan banyak lemak dibagian bagian yg kurang ‘artistic’, jadi kan salah satu cara mengurangi lemak kan mengurangi kalori dan membakar lemak. gak cukup kalo olah raga aja menurutku kalo makannnya enggak dijaga 😊


semoga cukup menjawab ya, kalau ada yg ingin ditanyakan lagi, for free to comment :)
oh ya, saya share disini yaa untuk asupan kalori harian.
dalam seminggu kemarin, rata-rata kalori harianku 472 kal. jarang banget, atau hampir enggak pernah aku makan lebih dari 2x 1 hari mentok ngemil snack.
tapi kenapa masih enggak turun banyak ?
karena, total karboku lebih dari seharusnya. meskipun udah jarang makan nasi, masih tetap makan makanan yg mengandung banyak karbo, jadi masih lebih dari kebutuhannya. seperti itu 😊


 
semoga saya tetap konsisten yaaa, dan mencapai berat badan yg saya inginkan. amin. 
selamat mencoba untuk kalian 😊

0 komentar:

Post a Comment