[ Tips ] Petunjuk Sesampainya di Bandara Internasional Hong Kong

untuk yg akan berlibur ke Hong Kong, dapat dipastikan akan mendarat di Bandara Internasional Hong Kong atau HKIA (Hong Kong Internasional Airport.

berikut petunjuk yg sebaiknya dilakukan setibanya di HKIA. 
1. bila membutuhkan SIM Card sebaiknya di beli saat di Indonesia. bisa dibeli dengan mudah di Klook atau Shoppe, jadi tidak perlu repot mencari wifi saat di Hong Kong. kalaupun tidak mengaktifkan internet juga tidak masalah, karena cukup banyak akses wifi mall, station ataupun toko selama di Hong Kong.

2. HKIA memiliki luas yg cukup besar, setibanya di HKIA perhatikan penunjuk arah untuk menuju imigrasi dan mengambil bagasi, karena cara untuk menuju kesana adalah menggunakan subway. perhatikan setiap detail petunjuk arah yg tertera. sangat mudah untuk mengetahuinya karena hampir semua tempat atau denah dilengkapi dengan bahasa inggris.

3. Isi lengkap data diri dan sertakan tempat tinggal/hotel selama berada di Hong Kong, meskipun antriannya cukup panjang, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk mengantri. oh ya, formulir data diri akan terdiri dari 3 rangkap, pada saat memasuki Hong Kong lembar bagian pertama akan diambil dan 2 rangkap lainnya disimpan dan jangan sampai hilang ya, karena ditanyakan pada saat pulang.

4. Membeli Octopus Card, kartu sakti selama berada di Hong Kong, bisa digunakan untuk Airport Express, MTR, Tram, Bus sampai belanja di toko-toko pun bisa menggunakan kartu ini. Deposit untuk Octopus sebesar $50, belum termasuk saldo, akan dikembalikan saat mengembalikan kartunya dan juga bisa di top up dengan mudah. wajib punya untuk Octopus Card karena memang sangat membantu untuk akomodasi selama di Hong Kong. counter Octopus Card langsung bisa ditemukan di pintu keluar setelah pengambilan bagasi di HKIA 1.

MTR Maps taken from here
5. Cari petunjuk menuju hotel sejelas mungkin sebelum berangkat, pastikan ketika sampai di HKIA sudah mengetahui stasiun MTR atau pemberhentian bus terdekat dengan hostel. bila ingin lebih mudah dan cepat bisa menggunakan taxi namun harganya pun tidak murah. dan bila ingin menggunakan MTR sebaiknya jangan langsung membeli Airport Express, cermati rute MTR atau bisa di download aplikasinya (ada juga aplikasi untuk rute bus) untuk mengetahui rutenya dengan mudah, bahagianya meskipun tanpa koneksi internet pun bisa digunakan hehe
maksimalkan penggunaan Octopus Card, karena akan lebih menghemat pengeluaran. bila ingin menggunakan Airport Express/MTR, ada tips hematnya yaitu turun stasiun terdekat atau Tsing Yi Station apalagi untuk orang yg tidak membawa banyak barang. karena, semakin jauh menggunakan Airport Express biaya yg dikeluarkan pun juga semakin mahal. contohnya rute HKIA - Central bila menggunakan Airport Express bisa mencapai $135 sekali perjalanan, akan beda bila memilih rute HKIA - Tsing Yi - Lai King - Central, meskipun memang harus 2x transit tapi biaya yg dikeluarkan kurang lebih hanya $50, bisa menghemat sampai 70%, lumayan kan, bisa untuk tambahan jajan. hihi

yaaah, semoga informasi dan tips hemat yg saya lakukan cukup membantu untuk yg pertama kali mengunjungi Hong Kong atau melakukan solo traveling ke Hong Kong. Selamat berlibur :)

0 komentar:

Post a Comment