(update) Paspor

terakhir saya membuat Paspor tahun 2015, dan sampai bulan Januari kemarin belum buat atau perpanjang lagi
karena memang tidak ada rencana liburan ataupun keluar negeri
eh ternyata alhamdulillahnya bulan ini ada rezeki tak terduga, akhirnya diputuskan untuk liburan.



karena paspor saya terakhir tahun 2016, akhirnya harus melakukan perpanjangan
namun kali ini saya mengurus tidak di Surabaya ya.
saya mengurus paspor di Imigrasi Jakarta Selatan.
memang bisa mengurus paspor tidak sesuai dengan KTP ? bisa kok.
dan skrg caranya sudah jauh lebih mudah.
pendaftaran hanya bisa diakses di https://antrian.imigrasi.go.id/ dan tidak menerima pendaftaran di tempat.
isi data terlebih dahulu dan nanti tinggal pilih mau melakukan perpanjangan/pendaftaran di Imigrasi mana.
satu email, satu nomer telpon, satu NIK hanya bisa didaftarkan untuk 1 akun.
dan setiap akun hanya diberi kesempatan 1x dalam satu bulan, jadi lebih baik dipastikan di waktu yg memang benar-benar bisa ya.
akan ribet kalaupun harus ganti email dsb
karena awalnya saya melakukan pendaftaran namun karena ingin mengganti hari saya batalkan, giliran mau daftar lagi harus menunggu 1 bulan. akhirnya saya putuskan untuk membuat akun lagi.
terus NIK-nya gimana ? bukannya harus sama dengan KTP ?
ternyata tidak, yg harus sama dengan KTP adalah nama lengkap.
tipsnya adalah ganti nomer terakhir pada NIK KTP, cukup angka paling belakang saja ya, karena yg dilihat hanya nama lengkap, dan penulisan nama lengkap jangan sampai salah.
setelah lengkap bisa memilih tanggal, biasanya hanya tersedia jadwal 1 minggu kedepan, dan itu sudah ada jamnya, jadi bisa di prediksi datang jam berapa.
setelah pendaftaran sukses akan menerima barcode yang nantinya akan di scan dan diberi blanko.
diisi blangkonya, dapat nomer antrian, menunggu sebentar, lalu wawancara dan foto paspor.
syaratnya tetap sama, jangan lupa disiapkan dan di fotocopy.
KTP, Akte Kelahiran/Ijazah, KK, Paspor Lama dan Tanda Pengenal yg menunjukkan kalian punya aktifitas di kota tersebut, bila bekerja bisa mencantumkan Kartu Karyawan, bila kuliah juga bisa mencantumkan Kartu Mahasiswa.
proses pembuatan/perpanjangan paspor kurang lebih hanya 1 jam saja :)
nanti setelah foto akan dijelaskan oleh petugas imigrasinya harus melakukan apa, insyallah penjelasannya detail kok.

berhubung saya di Imigrasi Jakarta Selatan, saya diminta untuk whatsapp untuk mendapatkan nomer pembayaran dan bisa langsung di bayar.
paspor akan selesai 7 hari setelah pembayaran, dengan biaya 355.000 saja.
lebih murah dari tahun 2015, tapi memang lebih lama.

H-1 sebelum paspor bisa diambil saya di konfirmasi lewat whatsapp.
tinggal datang, memasukkan nomer pembayaran, antri, sudah langsung bisa diambil.
proses pengambilan paspor hanya 10 - 15 menit saja.
alhamdulillaaah, sungguh efisien ya skrg, tidak perlu menunggu seharian hihi
semoga bermanfaat dan bisa membantu ya informasinya :)

0 komentar:

Post a Comment