(belajar) Hidup Sehat !

setelah tahun kemarin saya mengclaim bahwa 'saya susah gemuk, gampang kurus'
namun tidak berlaku akhir - akhir ini.
setelah beberapa bulan kemarin berat badan saya naik drastis hingga 10kg
dan sampe sekarang tidak juga turun :(
maka saya meralat ucapan saya, bahwa 'saya gampang gemuk, gampang kurus' menyemangati diri sendiri
sejujurnya mengubah pola makan dan olah raga bukan bertujuan untuk kurus, jelas tidak.
sama sekali tidak berniat untuk mengurangi berat badan, cuma lebih mengalokasikan lemak lebih merata keseluruh tubuh :(
saya 'nyaman' dengan 'angka' berat badan saya, cuma memang ada yg membuat saya tersiksa.
gampang engap dan gampang capek !
engap apa ya ? begah mungkin ya ? atau apa ya ? berasa berat bawa badan sendiri.
jalan jauh capek, naik tangga sedikit capek, gerak sedikit capek.
yg ada semakin saya cuma makan tidur, makan tidur, makin gemuuukkkkk :(
dan saya rasa ini bukan efek saya gemuk, melainkan efek saya saya jarang sekali olah raga malah hampir gak pernah dan pola makan jelas tidak teratur.
seingat saya, terakhir saya olah raga itu sekitar kelas 3 SMA, jadi sekitar 4 tahun yg lalu :|
pola makan saya jelas amburadul, bisa sehari makan 3-5x dengan waktu yg tidak tetap setiap harinya. makanannya ? se'mood'nya, jadi menu saya dalam sehari bisa lalapan-lalapan-lalapan-lalapan-lalapan. sungguh sehat dan bervariasi bukan makanan saya ? :')
buah ? seingat dan se'mood'nya :')
makan junkfood ? bisa setiap minggu, makan mie instans ? hmm sebulan bisa 4-8x :')
maklum 'anak kostan' selalu ingin segelanya simple. *ngeleeeeessss*
Dewi selalu mengingatkan saya dengan mengatakan, "kalo makanmu kyk gitu, kok nggak mati ya kamu ?"
langsung nancep dihati
akhirnya saya memutuskan mengubah pola hidup.
mulai dari ikut senam, setidaknya badan saya bergerak secara teratur dan berirama
awalnya saya berinisiatif untuk melakukannya 2x seminggu, tapi apa daya
setelah senam yg ada badan saya malah rontok semua, mungkin belum terbiasa. 
dan akhirnya hanya sukses dengan 1x seminggu, not bad lah. setidaknya dalam 1 bulan ini sudah mulai terbiasa.
mengubah pola makan.
jelas ini susah, karena sudah terbiasa makan banyak dan sering.
apalagi harus tepat waktu, ini benar-benar susah.
maksimal makan malam saya jam 7 malam, lebih dari itu cuma makan apel atau minum air.
karena dari beberapa yg saya baca, makan sebaiknya 3-5 jam setelah makan, agar tidak mencerna saat tidur, yg seharusnya istirahat tetapi harus mencerna makanan itu yg biasanya membuat sakit.
maag, asam lambung contohnya.
setiap hari setidaknya saya makan buah atau sayur, harus.
soda, junkfood, minuman rasa kemasan, mie instans sebisa mungkin saya hindari.
ingat susahnya olah raga, ingat capeknya senam, ingat beratnya bawa badan, ingat tidak enaknya sakit jadi bener-bener bisa mengurangi napsu makan makanan yg tidak sehat.
secara keseluruhan yg benar - benar sulit dihilangkan adalah makanan yg mengolahnya dengan digoreng, menghilangkan kebisaan menggunakan minyak itu susah, meskipun lebih sering masak sendiri daripada beli sekarang.
alhamdulillah lah, masih 1 bulan sih, semoga bisa selalu menjaga olahraga dan pola makan :)

2 komentar: