[exploreIndonesia] Pantai 3 Warna, Malang

setelah tidak menulis apapun selama sebulan, akhirnya saya kembali haha
harap maklum, virus males ngeblog sedang melanda, tiba - tiba tidak ada bahasan untuk ditulis diblog. *alasan klasik*
*bersih-bersih sarang laba-laba*
meskipun blogwalking tetep jalan, tapi nggak (sempet) komentar :p
kembali ke bahasan utama.
alhamdulillaaah, akhirnya saya sempat merasakan indahnya liburan, meskipun cuma sehari dan capeknya terasa berhari-hari.
beberapa hari yg lalu saya mengunjungi pantai yg lumayan terkenal dan naik daun sekarang, yaitu Pantai 3 Warna.
berhubung saya bersama teman-teman semasa SMP saya, jelas mereka akan terima beres, mulai rute - lokasi - booking masuk saya yg mengurus.
pantai ini dibatasi 100 pengunjung setiap harinya, oleh karena itu harus booking jauh-jauh hari.
karena canggihnya teknologi saya akhirnya berkenalan dengan teman dunia maya saya, Melfisa. dia menunjukkan secara detail rute, lokasi dan contact personnya kepada saya. terimakasih, Mel :)
saya hanya mengikuti alur yang di tunjukan oleh Mel.
menurut info dari Mel, lokasinya Pantai 3 Warna setelah Pantai Sendang Biru tetapi sebelum Pantai Goa Cina dan masuk melalui Pantai Clungup yg terletak di desa Sumbermanjing Wetan, waktu tempuh dari Malang sekitar 2-3 jam.
berhubung saya berangkat dari Surabaya, waktu tempuhnya sekitar 5-6 jam.
Sesampainya disana saya mengikuti palang bertuliskan Pantai Clungup, dari parkiran kita harus jalan selama 15 menit sekitar 700meter untuk sampai ke pos atau loket masuk.
ketika sampai diloket masuk saya sudah terengah-engah *kalo ini efek jarang olahraga*
beruntungnya saya sudah booking, karena bisa langsung masuk, karena hari itu sudah full quotanya.
sebelum masuk pantai barang bawaan kita akan dicek oleh petugas, karena sebelum keluar akan dicocokan antara barang yg kita bawa di awal dengan sampah yg kita bawa, ada benda yg tertinggal ? denda 100.000/benda.
jadi jangan sampai punya pikiran untuk buang sampah sembarangan.
pantai 3 warna adalah salah satu tempat konservasi, oleh karena itu kelestariannya dilindungi dan dijaga sekali.
biaya masuk Pantai 3 Warna cuma 5000/org, namun kita harus membayar guide 100.000/rombongan. berencana tidak menggunakan guide ? saya yakin 100% akan tersesat.
karena untuk mencapai pantai 3 warna harus melewati 2 pantai, yaitu pantai clungup dan pantai gatra, dengan jalan setapak yg berbukit dan hanya bisa dilewati dengan jalan kali, hampir 3km dari pos dan membutuhkan waktu 1jam untuk sampai pantai 3 warna.
bisa juga menginap di kawasan pantai ini, dengan biaya 150.000/tenda/malam, menginap hanya diperbolehkan di pantai Gatra dan pantai Clungup.
dan ini pemandangan selama kita melakukan tracking.

benar benar hutan bukan :D
awalnya guide kami menawarkan untuk langsung menuju pantai 3 warna, karena waktu sudah menunjukkan pukul 13.00, sepulang dari pantai 3 warna kami dijanjikan menyusuri pantai-pantai yg berdekatan dengan pantai 3 warna.
dan sesampainya disanaaaa ..
alhamdulillaaaah, not bad lah ya untuk ukuran pantai malang.
yg saya suka air pantainya dingiiin, dan udaranya pun sepoy sepoy.
udara gunung rasa pantai :p
bila ingin menikmati indahnya dalam laut bisa snorkling, tp sayangnya kalo dibandingkan dengan karimun jawa, masih sangat jauh :D
biaya sewa alat snorklingnya hanya 15.000/org.
sayangnya kami berlima hanya menyewa alatnya saja, tanpa menggunakannya untuk snorkling :p
Pantai 3 Warna

sayangnya pantai ini tidak dilengkapi dengan kamar mandi, jadi jika badan basah karena snorkling harus betah basah sampe pos pertama, karena kamar mandinya hanya ada di parkiran dan pos pertama.
saya tidak memfoto pantai ini secara jelas, karena banyak orang lalu lalang yg menurut saya merusak pemandangan foto :p
setelah menikmati indahnya pantai ini akhirnya kami memutuskan untuk kembali, sesuai dengan janji guide kami, kami diajak menyusuri pantai, namun berhubung kami terlalu lelah, akhirnya hanya singgah ke pantai batu pecah, setelah itu kami kembali. hahaha
liburan kilat yg dapat merefresh otak sebelum kembali beraktifitas keesokan harinya. hahaha
Pantai Batu Pecah
berniat untuk ke pantai ini ? silahkan, mumpung belum terlalu ramai.
untuk info contact person atau sekedar bertanya yg belum saya jelaskan disini bisa hub saya via email ya, insyaAllah saya akan memberi info yg lebih jelas :)
foto Dewi yg sempat saya ambil, masuk #exploremalang beberapa waktu yg lalu