[exploreIndonesia] Yogyakarta #Day2

19 Januari 2016
aaah alhamdulillah hari ini produktif.
jadi ceritanya semala di jogja saya mencar dari teman-teman saya, karena memang yg tujuan liburannya beda hehe
hari ini saya sama keyiboo memutuskan untuk ke Candi Prambanan, Kalibiru dan Taman Sari.
berhubung niat sarapan ditempat yg direkomendasikan temen saya, Manda, daerah Candi Sambisari deket Candi Prambanan, jadi tujuan pertama kita putuskan ke Candi Prambanan.
karena lokasi makannya tidak terditect di gps, akhirnya saya putuskan untuk mencari dengan memasukkan wilayahnya saja.
tapiiii pas sampai sana, memang tempatnya bener-bener masuk ke gang kecil-kecil, untungnya ada petunjuk jalannya, tidak akan tersesat.
kita sarapan di Soto Bathok Mbah Katro, lokasinya persis setelah Candi Sambisari, harus muter rumah penduduk untuk kesana, karena memang Candi Sambisari-nya sendiri nutupin jalan.
lokasinya pun tengah sawah yg asri sekali, enak untuk menikmati udara pagi.
untuk masalah harga, jangan ditanya super muraaaah, saya waktu bayarpun kaget, takut salah dengar.
untuk sotonya sendiri, enak, bening dan ada togenya. maklum disurabaya soto nggak ada togenya :p
porsinya menurut saya juga pas, tapi keyiboo habis 2 batok, haha
untuk satenya, alhamdulillah tidak berbau, tapi manissss, berhubung saya tidak suka masakan manis, jadi  saya cuma makan 1tusuk
dan total makan kita cuma 23.000 hahahaha murah kan :Dpuas makan kita lanjutkan ke Candi Prambanan.
untuk biaya masuknya 30.000/org, namun pihak pengelola juga menyediakan untuk mengunjungi Candi Ratu Boko, berhubung tujuan kita masih banyak dan sudah masuk siang hari akhirnya saya memutuskan ke Candi Prambanan saja, sebenernyaaaa pengen *kode minta balik*
setelah sampai, keyiboo menyarankan untuk menyewa payung, karena lagi supeeer panas dan kita pake baju hitam, semakin bikin panas. sewa payung sendiri 5.000/payung, sengaja menyewa 1 karena dirasa cukup, tapi setelah masuk Candi ternyata lumayan empet-empetan bareng keyiboo, maklum badan kita lagi mekar-mekarnya:D
  
 
  

saya baru ngeh kalau Candi Prambanan ini luaaas, dan jalannya jauh haha
saya sama keyibo muter-muter dan foto-foto, setelah puas mengitari kita putuskan untuk balik, gak kuaaat bok panasnya
saya kira sebentar, tapi 2jam saya keyiboo di Candi Prambanan, lumayan capek, efek panas mungkin ya.
akhirnya langsung kita putuskan untuk ke Kalibiru, karena kalo mampir Taman Sari dulu jelas nggak cukup waktunya.
perjalanan ke Kalibiru sendiri 2jam, daaan medannya curam sekali.
tapi masih ngeri gunung lawu kemarin sih, efek siang hari mungkin ya :p
sampai di Kalibiru, kita bayar retribusi sebesar 5.000/orang, anehnya di Kalibiru inipun masih kerasa panas lhooo, padahal menurut saya Kalibiru ini tergolong dataran tinggi, belum lagi harus turun naik jalannya, fuiiihhh lumayan olahraga.
  
 
tujuan ke Kalibiru jelas foto diatas pohon, dan ternyataaa untuk foto diatas sana harus bayar 15.000/orang untuk spot 1, 10.000/orang untuk spot 2 & 3, bedanya apa ? hanya letaknya, spot 1 lebih dekat dengan pintu masuk, sedangkan spot 2 & 3 harus turun dan jalan lagi.
belum sampai disitu, untuk foto sendiri perlu mengantri 14 orang untuk spot 1, 9 orang untuk spot 2, dan 7 orang untuk spot 3.
ya jelas saya pilih spot 1 lah, daripada harus jalan lebih jauh lagi, hahahahhaha :p
dan memang beneran, antrinyaaa 2jam sendiriiii
ditemani gerimis tipis sambil menunggu tiba giliran saya dan keyiboo.
akhirnyaaaa foto diatas pohon :'D 
pihak Kalibiru menyediakan jasa foto, untuk 1fotonya 5.000 dan minimal 3x foto/orang. jelas saya manfaatkan jasa itu haha, lumayan dapat 9foto.
pemandangannya sendiri menurut saya bagus, cuma memang hawanya yg nggak seberapa dingin membuat agak geraaah, tapi untungnya tidak kabut, alhamdulillah.
penduduk setempat yg mengelola super baik dan ramah, segalanya terorganisir dengan baik.
karena akses jalan yg sempit, hanya diperbolehkan 1 mobil yg melewati, jadi kita harus menunggu. super salut sama warga sekitar yg mengelolaannya :)
mampir beli Sate Cak Amat daerah Bangunjiwo yg katanya enak.
kalo kata saya sih ya begitu rasa sate, karena sate adalah salah satu makanan yg rasanya dimanapun sama saja, menurut saya haha
enak kok, tapi yg jual juteeek bener, jadi males ngomongnya
akhirnyaaa saya pulang dengan tepar, karena memang saya juga lagi flu, batuk dan radang. dengan kondisi capek akhirnya tambah parah.
kerasa rontok badan saya.
langsung istirahat buat besoook :)


read more :
[exploreIndonesia] Yogyakarta #Day1
[exploreIndonesia] Yogyakarta #Day3

[exploreIndonesia] Yogyakarta #Day4

2 komentar:

  1. eh sasha kenapa pas ke jogja gak bilang2 lho ya... dan itu kamu sampek makan di soto bathok deket candi sambisari? itu dekeeeettttttt bgt sama rumahku dek.. kamu ngelewatin rumahku klo mo ke soto bathok itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak hastiii maafkeun, bingung mau ngehubungi kak hasti lewat apa :(
      oh yaaa ? haha tau gitu mampir, sambil nengokin debaynya :*

      Delete