[exploreIndonesia] Bromo (lagi)

sepertinya Bromo menjadi salah satu tempat yg lumayan sering dikunjungi, haha
ini adalah 3x saya kesana.
cerita Bromo pertama tahun 2014, sayangnya Bromo ke 2 tidak terdokumentasikan.
ataupun sempat cerita di Blog tahun 2017.
dan kemarin saya kesana lagi :D
kenapa Bromo ? mungkin salah satu tempat liburan yg low budget, apalagi cuma naik motor, haha
liburan kali ini edisi sudah mentok, karena liburan yg beneran liburan itu ya ke Lombok 2016 kemarin.
rekor nih, sepanjang tahun 2010 baru kali ini saya nge betah -betahin enggak liburan selama hampir 2 tahun.
biasanya, setahun bisa 2x :'(
ke Bromo pertama, berangkat naik mobil disana naik jeep, dan di musim hujan.
enggak seberapa kerasa dingin, enggak seberapa capek (kecuali di kawah), nyantai aja pokoknya.
sayangnya agak kabut, tapi beneran asri :)
ke Bromo kedua, berangkat naik trail dari Malang, musim hujan.
dingin banget, punggung sakit banget (efek naik trail), dan hujan badai. enggak kerasa liburannya sama sekali :(
ke Bromo ketiga, naik motor.
awalnya saya mengira tidak akan selelah saat naik trail ya.
berangkat pukul 1 malam, sebenernya sih sedang musim kemarau, tapi sebelum berangkat sempat hujan sebentar.
jadi jalanan lumayan licin.
sampai penanjakan jam 4 pagi, as always, alergi saya kambuh, kaki gatel- gatel.
saya sengaja pakai celana double 2 dan masih kambuh alerginya, efek naik motor yg anginnya langsung. beda waktu pertama ke Bromo naik jeep enggak kena angin sama sekali :|
lokasi pertama jelas penjakanan, tapi kali ini saya memilih kebawah untuk melihat sunrise lebih jelas.
 
dan bener dong, ceraaah dan baagus sekali :)
dilanjut ke arah lautan pasir, puas foto - foto. pindah.
ini lagi yg enggak pernah saya bayangkan, naik motor dilautan pasir itu lumayan bikin encok haha
karena jeep dan trail kan memang di rancang untuk medan itu, sedangkan motor yg ada liciiiin sekaliii -_-
enggak enaknya ke Bromo musim kemarau adalah, padang savanya kering, panas, dan berdebu.
sampe sana udah rame macem pasar, haha
daripada berujung semakin bete mending pulang aja :p
memang travelling dengan alam selalu tidak bisa ditebak :)

totaal di Bromo hanya 9 jam, karena jam 1 siang saya sudah sampai Malang lagi.
capek ? lumayan. lebih capek dari naik trail ? jelasss enggak, lebih enak dari naik trail. haha
ya semoga apa yg saya tulis bisa memberikan gambaran buat semua yg ingin kesana ya.
jangan lupa disesuaikan dengan kondisi badan masing - masing, biar lebih 'terasa' liburannya :)
happy holiday :)

note :
biaya masuk Bromo (per April 2018) : 30.000
parkir : 5000 x 2 (masuk + penanjakan) : 10.000
jeep : 700.000
hati - hati dengan harga mie instan di Bromo, bisa sampai 20.000, lebih baik tanya dulu ya :p 


read more :
[exploreIndonesia] Lombok 
[exploreIndonesia] Yogyakarta 
[exploreIndonesia] Pantai 3 Warna, Malang 
[exploreIndonesia] Paralayang (Starhill) Batu Malang

0 komentar:

Post a Comment